REKANAN KAMI

Beranda -> Rekanan Kami -> Kalangan Pendidikan

KALANGAN PENDIDIKAN DETAIL




INFORMASI DETAIL
AREA : DKI Jakarta

PARTNERS
Nama Partners : Sampoerna Foundation
Keterangan :

Kerjasama dilakukan dari tahun 2006 - 2009. Sasaran adalah pengajar, pelajar, dan mahasiswa yang ada di wilayah intervensi lembaga ini.



JENIS INTERVENSI

Intervensi : Pelatihan
Keterangan :

" Pelatihan Kreativitas berdurasi 21 jam dilaksanakan selama 3 hari pelatihan, yang terdiri atas Program Kekreatifan Pribadi"



SASARAN
Sasaran : Pelajar
Keterangan :

Siswa di Sampoerna Foundation Jakarta yang mengikuti 2 hari pelatihan berjumlah 6 orang.



PROGRAM
Nama program : Kreativitas
Keterangan :

Riset menunjukkan bahwa kreativitas bisa dilatih. Pelatihan kreativitas merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kreativitas pribadi. Program kekreatifan pribadi Credo terdiri dari modul 4P, Hambatan dalam Kreativitas, Pemecahan Masalah Secara Kreatif, Kecerdasan Majemuk, dan Kemampuan-Kemampuan TIM. Rangkaian modul ini bertujuan mengembangkan pribadi yang kreratif.

Sub Program : Program Kekreatifan Pribadi
Keterangan Sub Program :

Riset menunjukkan bahwa kreativitas bisa dilatih. Pelatihan kreativitas merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kreativitas pribadi. Program kekreatifan pribadi Credo terdiri dari modul 4P, Hambatan dalam Kreativitas, Pemecahan Masalah Secara Kreatif, Kecerdasan Majemuk, dan Kemampuan-Kemampuan TIM. Rangkaian modul ini bertujuan mengembangkan pribadi yang kreratif.

  • 4P
    "Untuk memahami kreativitas bisa ditinjau dari pribadi (Person), proses (Process), produk (Product), dan lingkungan (Press) (Rhodes, 1961).
    1. Pribadi (person) menilik hal-hal yang terdapat pada individu yang kreatif untuk dapat dikenali dan dikembangkan dalam diri seseorang.
    2. Proses (Process) menilik akan proses dalam seseorang memahami masalah, mencari ide-ide untuk solusi, lalu mewujudkan ide-ide tersebut setelah mempertimbangan dan memutuskan solusinya.
    3. Produk (Product) menilik pada hasil kreativitas yang orisinil, berguna, dan menjawab permasalahan.
    4. Lingkungan (Press) menilik pada lingkungan yang mendukung terciptanya kenyamanan untuk membiarkan ide-ide mengalir dan berkembang."
  • Pemecahan Masalah secara Kreatif
    Untuk seseorang memecahkan permasalahan, ada proses yang terjadi di dalam pikirannya. Proses tersebut meliputi beberapa tahapan, mulai dari memahami inti masalah, kemudian memikirkan ide-ide untuk bisa dijadikan solusi, dan langkah terakhir yaitu merencanakan solusi yang bijak (Miller, Vehar, Firestien; 2001). Modul Pemecahan Masalah secara Kreatif mengeksplor tahapan-tahapan CPS.

Sub Program Lainnya :
Keterangan Sub Program Lainnya :
Sub Program Lain Lainnya :
Keterangan Sub Program Lain Lainnya :